3 Sep 2013

Hubungan Pramuka dengan Gerakan Zionis Internasional

Pramuka, Lithuania, Yahudi, Herzl, Lions, dan Boden Powell


old timey boy scouts 640x420 Pramuka, Lithuania, Yahudi, Herzl, Lions, dan Boden Powell
PADA tahun 1908, Robert Baden-Powell, perwira Angkatan Darat Inggris, menerbitkan buku “Scouting for Boys”. Buku ini dipublikasikan begitu masif, dan digunakan sebagai panduan bagi organisasi gerakan pramuka di banyak negara, sesuai dengan sistem “kepramukaan” itu sendiri.
Di Lithuania, tepat setelah berdirinya negara tersebut, sebuah kelompok kepanduan dibentuk di bawah naungan pemerintah. Tujuan dari pramuka di negeri ini adalah untuk membekali pemudanya dengan kebajikan, karakter yang kuat, cinta alam dan untuk mendidik mereka sebagai warga negara yang baik. Pada saat ini, anak-anak Yahudi bergabung dengan gerakan pramuka Lithuania, pada awalnya mereka bersama-sama dengan semua anggota, namun di kemudian hari mereka dalam pasukan terpisah.

Para pramuka gerakan “Hashomer Hatzair” didirikan di Virbalen oleh direktur Gymnasium Yahudi, Dr Yakov Rabinson. Ia merupakan salah satu pemimpin pemukiman Yahudi di Lithuania. Pada waktu yang sama, pada awal dua puluhan, pasukan pramuka tambahan dibentuk di Kovno dan Ponivich, dan kemudian di hampir setiap kota dan pemukiman di Lithuania. Terjemahan bahasa Ibrani dari buku “Pramuka” oleh Baden-Powell digunakan sebagai panduan pendidikan pasukan Ibrani.
Juga di Yurburg sebuah organisasi pramuka didirikan pada awal tahun dua puluhan. Selama hari-hari ini, orang bisa melihat dua anak muda, mengenakan seragam kepanduan khaki berwarna hijau, peluit di lehernya dan sebuah tongkat di tangan mereka, berjalan melalui jalan-jalan Yurburg. Anak-anak ini membuat takjub semua orang yang melihatnya karena berpakaian sangat tidak biasa unutk zaman itu.
Kedua pemuda itu Menachem Pochrat dan Dov Minzer. Menachem Pochrat, yang lebih tua, adalah seorang anak yang berperawakan ramping, serius, dan terlihat sebagai seorang pemikir. Dov Minzer adalah anak yang sangat menawan, seorang siswa dari Gymnasium Ibrani di Yurburg. Keduanya didampingi oleh anak-anak muda lainnya, yang juga mengenakan seragam Pramuka. Penampilan mereka tampak aneh, namun hari itu disebut sebagai awal perubahan bagi generasi muda di Yurburg.
Dalam perjalanan waktu, sebuah apartemen di bagian utara kota disewa. Asrama ini terletak di sebuah bangunan satu lantai, dan terdiri dari dua kamar.
Suasana di asrama konon sangat menyenangkan dan sangat pastoral. Suara-suara bernyanyi akan selalu terdengar. Kamar asrama dihiasi dan di tengahnya ada gambar besar Baden Powell, Herzl, Trumpeldor. Asrama itu biasanya tenang, bersih dan teratur.
Para pengintai di markas besar ini dibagi menjadi tiga kelompok: “Lions”, pramuka dan pramuka remaja.
“Lions” adalah kelompok untuk anak-anak berusia 9-12. Nama “Lions” mengacu pada “Yudea sebagai anak singa” – nama dengan arti nasionalis. Seorang non-Yahudi disebut kelompok ini “Serigala kecil”. Persis seperti dengan sebutan-sebutan yang ada di Hogwarts yang ditulis JK Rowling dalam serial Harry Potter.
Dalam “Lions” kelompok anak-anak tidak dipisahkan dari anak perempuan, mereka beroperasi sebagai satu kelompok dan melakukan semua acara bersama-sama. Mereka belajar untuk mengenali tanaman, burung dan binatang hutan. Ketika “Lions” berada di kamp, mereka diajari berbagai teknik pramuka seperti berjalan, memanjat pohon dan membuat api unggun. Mereka juga belajar bagaimana menggunakan kompas, melihat bintang-bintang dan bulan untuk menemukan jalan mereka.
Para pemimpin “Lions” mengajar mereka untuk berpakaian dengan benar, menjadi bersih, sopan dan taat. Untuk memperluas pengetahuan mereka, “Lions” diberitahu tentang Eretz Yisrael pada zaman Alkitab, tentang pahlawan bersejarah dan pahlawan di negara baru, seperti heroisme para penjaga, pelopor dll.
Setelah melewati semua itu, “Lions” akan menjadi kelompok dengan sebutan “Habirim” seperti anggota klan Ibrani gurun yang mengembara di padang gurun dan menaklukkan Eretz Yisrael. Eretz Yisrael adalah tanah Israel. Dan itu ada di atas bumi Palestina. [sa/islampos/jewishgen]
Sumber : islampos.co
m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberi Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.