7 Jun 2010

Belajar SEO (Search Engine Optimization) Blog


Posted by Azwar | | , , , |
Banyak dari pemilik blog yang ingin mengetahui cara mendapatkan banya pengunjung dari search engine (mesin pencari). Mereka berupaya mendapatkan informasi tentang bagaimana mengoptimalkan fungsi dari Search engine serta berusaha mendapatkan posisi pertama di google misalnya agar informasi yang mereka sajikan dapat diterima secara jelas oleh target mereka. Oleh karenanya disini saya akan membahas tentang SEO. Saya akan mengungkap sedikit tentang arti dari seo serta fungsi dari seo

PENGERTIAN SEO VERSI KAPANPUN

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization dalam bahasa Indonesia yang berarti optimasi untuk mesin pencari dan merupakan cara yang banyak dilakukan oleh pemilik web site / blog yang ingin meningkatkan jumlah traffic (lalu lintans pengunjung blog) yang mereka dapat dari search engine seperti Google, Yahoo!, MSN Dan sebagainya. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan faktor-faktor internal dan eksternal untuk mencapai posisi pertama pada search engine pada halaman hasil pencarian (SERPS). Dengan mencapai peringkat pertama di SERPS dapat mendapatkan lebih banyak traffic pengunjung pada kata kunci pencarian. Seperti yang anda bayangkan biasanya ada ratusan situs berjuang agar berada di bagian atas peringkat mesin pencari, sehingga pemilik dari situs web yang saling bersaing dengan mengoptimalkan situs hingga mereka dapat memperoleh tempat pertama dari para pesaing lainnya.
APAKAH PERLU MENGGUNAKAN SEO?
Sebagai contoh saya menggunakan kata "tutorial blog" untuk mencari informasi di google.co.id, maka hampir dipastikan bahwa website atau blog yang akan saya kunjungi adalah yang berada di halaman pertama google, jika masih belum dapat juga informasi blog tutorialnya, maka saya kembali akan mencoba mencari info di halaman kedua jika masih belum ketemu, maka biasanya akan mencoba mencari informasi tentang "blog tutorial" dengan kata kunci yang berbeda. Apakah anda seperti saya?

Dari perilaku tersebut dapatlah disimpulkan bahwa, sebagian pengunjung blog berasal dari halaman pertama google, dan jika anda bisa mengoptimalkan blog atau web site berada di halaman pertama google, akan mendapatkan banyak visitor. Jika anda sebagai publisher iklan atau mempunyai produk yang ingin dipromosikan kemungkinan klik dan lakunya produk anda sangat besar sekali bila anda mau belajar SEO.
SEO memerlukan proses dan membutuhkan waktu lama dan saya telah lama mendengar bahwa banyak webmaster menanyakan pertanyaan "Apakah kita perlu SEO?". Sebenarnya pertanyaan yang akan ditanyakan adalah '"Apakah saya ingin orang-orang yang mengunjungi situs saya?". Anda dapat memiliki website dan menghabiskan seluruh waktu Anda untuk menambahkan banyak fitur, tapi jika tidak memperoleh pengunjung. Apakah anda masih ingin mengelolah situs anda tersebut?

Fakta yang realistis adalah ketika orang-orang ingin mencari sesuatu di Internet, contoh di search engine. Jika situs Anda tidak terdaftar atau rendah di SERPS maka website anda mungkin tidak mendapatkan banyak pengunjung. Dari beberapa pertanyaan yang saya kemukakan kepada teman-teman saya, "tempat mencari sumber informasi yang terbaik", hampir semuanya menjawab bahwa "google adalah solusi jitu untuk mendapatkan data-data yang meraka inginkan". Di Indonesia sendiri sampai saat ini mesin pencari google masih berada di posisi pertama tempat mencari informasi.

Patut digaris bawahi, traffic dari search engine sangat penting demi kelanjutan nyawa situs Anda, web site dapat dijadikan investasi berharga di zaman perekonomian yang terpuruk, butuh waktu atau dan materi sehingga pemilik blog wajib yang ingin memiliki sebuah web site yang berhasil.

bukan tidak mustahil untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari tanpa SEO, tetapi akan lebih baik jika anda mengerti cara kerja SEO dan beberapa dasar-dasar SEO yang dapat meningkatkan pengunjung website secara drastis tanpa mengeluarkan uang banyak.

Saya harap Anda sekarang mengerti apa yang dimaksud dengan SEO dan tidak bingung lagi tentang fungsi SEO dalam blog / website. Saya tidak mungkin menjelaskan panjang lebar disini tentang seo, karena artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang apa itu seo, sehingga Anda bisa menentukan langkah selanjutnya dan mencapai kesuksesan dalam memasarkan website Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberi Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.